Sunday, April 6, 2014

Latihan Syuting - syuting

Yup, pada postingan kali ini ane akan bercerita tentang pengalaman ikut workshop Audio Visual. Workshop tersebut diadakan oleh PPMP Unnes untuk mahasiswa umum, acaranya akan diadakan di dua tempat yaitu di Bandungan dan kampus. Acara ini gratis! Mendengar kata-kata gratis mata ane langsung berbinar-binar :D . Usut punya usut, yang ikut acara tersebut kebanyakan adalah delegasi dari klub jurnalistik di masing-masing jurusan. Berbekal kenekatan aku sama Ari nekat  ikut workshop tersebut. Dan benar saja, kita berdua menjadi minoritas warga sipil yang mengikuti acara tersebut. Nggak ada basic sama sekali di bidang keterampilan audio visual. Tapi PD aja dah :D

Pembagian kelompok. Aku ada di kelompok tiga. Disini ada sembilan mahasiswa dari jurusan berbeda-beda. Sengaja tiap kelompok diberi beberapa anak yang udah master dalam hal audio-visual. Di kelompok ini ada Adi dan Fakhri dari FBS.
Hari pertama diisi materi editing. 
Hari kedua diisi materi keterampilan mengambil gambar.  Ada banyak istilah yang muncul. Long shoot, medium shoot, tile up, tile down, looking spece, garis imajiner, jumping, bocor, dan banyak lagi. Awalnya semua itu agak aneh di telinga ane. Lama-kelamaan mudeng juga :)
Setelah mendengarkan sedikit teori, tiap kelompok diminta untuk praktek menggunakan kamera secara langsung. Kami ditugaskan membuat adegan pendek berdurasi beberapa menit saja. Kerennya di sini, dua yang udah master dalam hal penggunaan kamera bisa sedikit menekan egonya. Jadi kami bersembilan mempunyai kesempatan mengambil gambar per adegan. Ada 9 adegan, semua anggota bergantian menjadi juru kamera. Pengalaman pertama buat ane memengang kamera seriusan kaya gitu, hehehe.
Oiya tema film pendek dari kelompok kami adalah tentang cinta lingkunga, asiiik :D
 
Mempelajari menu-menu yang ada di dalam kamera

shoot 6 -  Rahman

Shoot 7 -  Resti

Shoot 5 - Nurul
Sebenernya bukan itu foto ane pas ambil adegan, soalnya malu buat minta tolong fotoin. hehehe, itu mah cuma gaya-gayaan aja pegang kamera :p



Shoot 1 - Fakhri

Shoot 2 - Adi

Shoot 3 - Alfi

Shoot 8 - Billy

Shoot 9 - Rosyid
Acara di Bandungan selesai, banyak dapet temen, ilmu, seneng juga nginep di tempat dingiiin.
Acara selanjutnya diselenggarakan hari Kamis dan Jumat besok di kampus. Semoga menyenangkan dan bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment