Saturday, November 26, 2011

Mereka Yang Selalu Memotivasi Kami


Kuliah di UNNES, khususnya jurusan Matematika memberikan kesempatan  saya untuk dipertemukan dengan  sahabat, para pengajar dan lingkungan yang baru. Awalnya sempat takut dengan lingkungan baru ini. Dunia perkuliahan! Jelas saya masih sangat awam. Tetapi dengan adanya serangkaian kegiatan PPA (ospek), saya memiliki sedikit gambaran tentang apa dan bagaimana saya menjalani dunia perkuliahan ini. Sebelum memulai kegiatan perkuliahan, saya diberi kesempatan mengambil 21 sks dengan 8 mata kuliah. Waktu mengisi KRS, saya hanya asal pilih saja, pikir saya yang penting  tidak ada jadwal tumbuk. Dari 8  rombel yang saya ikuti, saya dipertemukan  dengan 8 dosen yang berbeda karakternya dan punya gaya pengajaran masing masing.
Secara umum, dosen- dosen saya itu ada yang memiliki karakter lucu, membosankan, kreatif,suka  asyik sendiri, dan ada juga yang sering memberikan motivasi. Dari karakter- karakter tersebut, saya paling suka dengan dosen yang suka memberi motivasi. Berarti dosen itu perhatian dengan kita, tidak sekedar mengajar demi melepaskan kewajibannya sebagai “pengajar”, tapi juga melaksanakan kewajibannya sebagai “orang tua”. Mereka tak hanya sekedar member motivasi untuk belajar, tapi juga motivasi dalam kehidupan. Saya akan menceritakan seklumit tentang motivasi-motivasi yang mereka kucurkan buat kami.
pak Ardhi
Pak Amin
Pak Hery
·   Pak Amin Suyitno (Dosen Mata Kuliah Bahasa Inggris)
Setiap kali mengajar, pak Amin selalu meluangkan waktunya beberapa menit untuk sekedar bercerita tentang pengalaman pribadinya maupun memberikan sedikit motivasi. Itu yang saya suka. Beberapa motivasi yang pernah beliau berikan :
o   Pelajari Bahasa Inggris aktif, karena dengan berbekal keahlian berbahasa Inggris maka kalian akan mempunyai nilai plus saat kalian mulai mencari pekerjaaan. Saya yakin kalian bisa bahasa Inggris dengan baik kalau kalian terbiasa belajar dan berani latihan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Jangan kalah denga anak- anak PG MIPA BI ya.
o   Mulai sekarang pelajari UUD, Pancasila dan materi-materi ke-Indonesiaan (maksudnya pengetahuan umum tentang Indonesia ^^,) , karena itu sangat bermanfaat untuk persiapan saat kalian menghadapi tes CPNS. Karena saingan kalian nanti tidak hanya ratusan tapi ribuan, akan sangat baik jika kalian mulai sedikit demi sedikit dari sekarang.
·         Pak Ardhi Prabowo (Dosen Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika)
o   Saya pesan, sekarang ini  kalian harus kreatif dan bekerja keras. Karena lulusan sarjana S1 yang menganggur juga banyak. Bukan saya menakut nakuti, tapi itulah kenyataannya. Kalian harus bekerja keras tidak boleh malas-malasan. Tidak jamannya mahasiswa masih sempat nonton sinetron malam- malam. Ya boleh lah kalau nonton barang beberapa menit. Tidak jamannya anak kuliah belajar nunggu ada tugas. Gunakan waktu malam kalian untuk membuka buku untuk makul esok harinya, jadi saat dikelas anda tidak membawa otak kosong.
·         Pak Hery Sutarto (Dosen Mata Kuliah Geometri Dasar)
o   Saat saya mengikuti LEMMA, pak Hery menyampaikan bahwa kita jadi mahasiswa tidak boleh hanya jadi mahasiswa yang biasa- biasa saja. Jadilah mahasiswa yang beda, yang bisa  pandai di akademik, akhlak dan juga dalam berkontribusi untuk lingkungan. Salah satunya adalah dengan mengikuti organisasi. Organisasi membuat kita terbiasa hidup dengan banyak tantangan dan masalah tetapi juga membuat kita terbiasa dalam mencari solusinya. Membuat hidup kalian penuh dengan kegiatan positif. Masukilah organisasi manapun yang kalian sukai. Entah Hima, Bem maupun UKM.
Itulah beberapa motivasi yang mereka berikan, mungkin yang saya tuliskan hanya garis besarnya saja. Maaf jika ada salah saya dalam menulis, benar- benar tidak ada unsur kesengajaan. Maaf juga saya mengambil foto-foto Pak Amin, Pak Ardhi dan Pak Hery tanpa ijin. Saya ambil dari facebook, semoga bapak berkenan. (^_^)
Dan pastinya masih banyak lagi motivasi dari dosen- dosen lain, tapi saya sampaikan yang paling saya ingat saja.. Yang pasti motivasi dari mereka member kekuatan tersendiri bagi saya dan teman- teman. Terimakasih…

1 comment: